Selasa, 20 Maret 2012

"THE ISOLATED TRIBES OF CENTRAL SULAWESI"


Hayy guys... this is my 1st posting *baru belajar nge-blog*..

This all about my lovely city "P A L U"....
  
KAILI DA'A  is THE LARGEST TRIBES

Suku Kaili Da`a adalah salah satu suku terasing yang mendiami wilayah Sulawesi Tengah. Suku Kaili Da`a menggunakan bahasa Kaili dengan dialek Da`a. Orang-orang suku Kaili Da`a tidak pernah duduk di bangku sekolah..
Orang-orang Suku Kaili mendiami daerah perbukitan di enam kecamatan wilayah Kabupaten Donggala di Sulawesi Tengah sampai ke Mamuju Utara di wilayah Sulawesi Barat. 
Masyarakat Kaili Da’a memenuhi kebutuhan sehari-harinya dengan menanam tanaman semusim seperti jagung, padi ladang, umbi, dan kacang-kacangan. Ini mereka lakukan karena kehidupan nomaden mereka yang mengharuskan untuk menganut sistem ladang berpindah.
Untuk sampai ke desa-desa orang Kaili Da’a adalah suatu pekerjaan yang terbilang sulit, selain kontur perbukitan terjal dan sulitnya medan, transportasi ke wilayah ini pun terbilang sulit didapat. Kita hanya bisa menggunakan sepeda motor (ojek) dari kota Palu (ibukota Propinsi Sulawesi Tengah), yang jaraknya kurang-lebih 80 KM, ditambah berjalan khaki sejauh 10 KM menapaki bukit terjal.
Kesulitan akses ini yang menjadikan mereka tetap terasing dan nyaris terisolasi dari peradaban modern. Hingga di abad teknologi muktahir yang berkembang pesat di kota-kota dimana kita tinggal, Orang Kaili tak pernah mengadopsi satu bagian pun dari kemajuan teknologi itu. Anak-anak mereka bertumbuh apa adanya dengan pengetahuan yang minim yang tak lebih dari miskinnya peradaban kebudayaan Kaili. Ketertinggalan mereka sangat miris untuk dilihat..
SEKIAN ^_^ 
*XIE XIE* 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar